Kopi Ternyata Manjur Melawan Penyakit Gusi - Teks Definisi
Kopi Ternyata Manjur Melawan Penyakit Gusi

Kopi Ternyata Manjur Melawan Penyakit Gusi
Admin Monday 17 April 2017
“Jangan terlalu banyak minum kopi bisa susah tidur nanti’ teguran tersebut sering terdengar dan seolah menjadi peraturan yang harus ditaati. Meski belum terbukti secara ilmiah bahwa kopi dapat menyebabkan insomnia banyak orang menghindari minum kopi menjelang tidur. Ternyata kopi yang dinyatakan sebagai pemicu insomnia terbukti manjur melawan penyakit gusi.


Zat yang Terdapat Dalam Kopi

Bagi para pecinta kopi sehari tanpa secangkir kopi tak lengkap rasanya. Namun tak semua orang suka minum kopi. Selain khawatir susah tidur aroma kopi sering menimbulkan jejak tak sedap pada gigi dan mulut. Apakah kopi berefek buruk pada gigi dan gusi?

Zat yang paling banyak terdapat pada kopi adalah kafein. Kafein ternyata memiliki fungsi sebagai anti bakteri yang dapat mencegah gigi berlubang. Kafein juga berfungsi sebagai zat pencegah timbulnya kanker dan membantu mencegah kerusakan DNA.

Kopi juga mengandung Xanthine. Zat yang juga terdapat dalam teh ini membantu mencegah kolesterol jahat mengkristal. Kristal yang terbentuk dari senyawa kolesterol dapat menyebabkan penyakit batu empedu. Selain Xanthine dan Kafein di dalam secangkir kopi juga terdapat asam klorogenik. Asam klorogenik berfungsi mencegah resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes mellitus.

Fungsi Kopi Bagi Kesehatan Rongga Mulut

Kopi mungkin menimbulkan aroma tak sedap tertinggal di mulut namun ternyata kopi justru minuman bermanfaat untuk mengatasi penyakit rongga mulut. Penelitian yang dipublikasikan Journal of Periodontology memaparkan fakta bahwa selain manfaat kafein sebagai anti bakteri untuk menghindari gigi berlubang, senyawa antioksidan dalam kopi efektif dalam melawan radang gusi.

Seorang spesialis kesehatan gigi dari School of Dental Medicine menemukan kecenderungan bahwa konsumsi kopi tidak berdampak buruk bagi kesehatan periodontal namun justru memiliki efek perlindungan terhadap penyakit rongga mulut.

Selain fungsi perlindungan terhadap kesehatan periodontal kopi ternyata berperan dalam mencegah kanker hati, kanker payudara dan kanker kolon. Studi ilmiah memaparkan fakta bahwa kopi juga menurunkan resiko terjadinya sirosis hati dan penyakit empedu serta menyembuhkan migraine ringan. Secangkir kopi memberikan manfaat bagi kesehatan. Asal tidak lebih dari satu cangkir setiap hari berbagai efek positif kopi dapat dimanfaatkan tubuh secara optimal.
Open Comment
Close Comment

0 Response to "Kopi Ternyata Manjur Melawan Penyakit Gusi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2022